Padang 4 Februari 2022, Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah VI Sumatera Barat Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd sekaligus Rektor UIN Imam Bonjol Padang menyerahkan secara langsung 15 sertifikat pendidik pada dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta yang bernaung di bawah binaan Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat. Salah satunya dosen STIT Ahlussunnah Bukittinggi Wirman Hanizon, M.Pd

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat Kampus II UIN Imam Bonjol Padang ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Yasrul Huda, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah VI Dr. Zainal, M.Ag, Sekretaris Kopertais Wil VI, Muhammad Fadli, S.Sos., M.I.Kom., Ketua Forum Komunikasi Pimpinan PTKIS Kopertais Wilayah VI, Syarifatul Hayati, Lc., MA., Para pimpinan PTKIS, dan dosen penerima sertfikat dosen

Dalam laporannya Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, Fadli menyampaikan proses pelaksanaan seleksi peserta sertifikasi, hingga penetapan kelulusan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Surat Keputusan nomor 7081 Tahun 2021 yang terbit akhir tahun 2021 lalu.  Alhamdulillah 15 peserta yang diusulkan oleh Kopertais Wil VI lulus 100% Awal tahun 2021, sertifikat pendidik dosen di Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat telah diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggaran Sertifkasi (PTPS) UIN Antasari Banjarmasin. 

Prof. Dr. Martin Kustati dalam sambutannya menyampaikan selamat pada dosen PTKIS yang memperoleh sertifikat dosen tahun 2021. “Sebagai dosen profesional, Bapak/Ibu diharapkan terus meningkatkan kompetensi dan mengembangkan karir. Kami terus mendorong dosen-dosen di PTKIS untuk menjadi lektor kepala, dan guru besar. Sebagai perguruan tinggi induk, UIN Imam Bonjol siap untuk melakukan berbagai kolaborasi akademik baik itu riset, publikasi ilmiah, dan konsep merdeka belajar, kampus merdeka, serta berbagai peningkatan kompetensi SDM dan pengelolaan program studi,” ungkapnya. 

Selanjutnya, Koordinator Kopertais Wilayah VI dan tim telah duduk bersama dengan Forum Pimpinan PTKIS se-Sumatera Barat akhir Januari 2022 untuk memetakan, dan menyusun langkah-langkah strategis dalam akselerasi peningkatan kompetensi dosen, maupun tata kelola PTKIS. Pada tahun 2021 sebanyak 4 tim peneliti PTKIS masuk dalam kategori Nomine Liptadimas Kementerian Agama Republik Indonesia, harapanya 2022 lahir beberapa proposal memperoleh hibah bersaing dalam berbagai klaster. Di samping itu, target untuk memperoleh akreditasi unggul pada beberapa program studi terus disiapkan. 

Pada mementum tersebut Wakil Rektor I UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Yasrul Huda menyampaikan informasi dan motivasi bagi para dosen PTKIS untuk berkolaborasi dalam peningkatan kompetensi. Berbagai strategi pengembangan program studi, dan kegiatan kemahasiswaan disambut baik oleh pimpinan PTKIS. 

Diakhir pertemuan, Ketua Forum Komunikasi Pimpinan PTKIS Syarifatul Hayati menyampaikan terima kasih kepada Koordinator Kopertais dan  UIN Imam Bonjol Padang  yang telah melibatkan PTKIS di Sumatera Barat dalam berbagai kegiatan-kegiatan UIN Imam Bonjol Padang, ini menjadi spirit tersendiri dan membuka peluang kolaborasi akademik PTKIS. Ke depan, diharapkan PTKIS dilibatkan dalam berbagai workshop, dan kegiatan UIN Imam Bonjol Padang.


http://stitahlussunnah.ac.id/dtlbrt--dosen-stit-ahlussunnah-bukittinggi-bersama-14-dosen-ptkis--kopertais-wilayah-vi-sumatera-barat-teri.html