Minggu, 13 November 2022 telah dilaksanakan kuliah lapangan pada mata kuliah Keminangkabauan ke Istano Basa Pagaruyung. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang mahasiswa STIT Ahlussunnah Bukittinggi. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti perkuliahan ini, karena ketertarikan dan rasa ingin tahu mengenai kebudayaan Minangkabau, terlebih lagi sebagian besar mahasiswa STIT Ahlussunnah Bukittinggi berasal dari berbagai daerah di antaranya Sumatera Barat, Riau, Palembang dan Jawa Barat, didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Ibu Ninil Elfira, M.Pd. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menambah wawasan mahasiswa mengenai Keminangkabauan pada umumnya dan kerajaan Pagaruyung pada khususnya.


Kegiatan ini didampingi oleh Tour Guide bernama Kuntum Chaira. Beliau menyampaikan detail sejarah kerajaan Pagaruyung dan bangunan Istano. Selain itu beliau juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi mengenai Pagaruyung dan Minangkabau secara umum. Dalam kegiatan ini terlihat antusiasnya mahasiswa dalam berrdiskusi, banyak yang bertanya terutama mereka yang berasal dari luar Sumatera Barat. Setelah kegiatan diskusi dilakukan mahasiswa dipersilahkan untuk melihat seluruh bagian dari Istano mulai dari lantai satu, dua dan tiga serta bagian luarnya seperti dapur, Surau dan Pincuran tujuh.  


 Pada sesi terakhir mahasiswa diberikan waktu bebas selama kurang lebih 45 menit untuk melihat sekeliling Istano. Salah satu yang menarik bagi mereka adalah pakaian adat yang disediakan oleh pihak Istano untuk bisa dipakai yaitu suntiang dan saluak. Sehingga mereka tertarik untuk memakainya tidak hanya mereka yang dari luar Sumatera Barat, mahasiswa yang berbudaya Minangkabau pun beminat memakai pakaian tesebut.


Kegiatan ini tidak berakhir begitu saja, dosen pembimbing mata Kuliah Keminangkabauan mahasiswa diminta untuk membuat laporan kegiatan secara individu dalam bentuk tertulis dalam format yang sudah disepakati dengan mahasiswa sebelumnya. Sehingga ada point penilaian tersendiri untuk kegiatan ini dalam proses perkuliahan. Tim_Humas