STIT Ahlussunnah Bukittinggi telah melangsungkan  kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk mahasiswa baru  TA 2022/2023. Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari, Sabtu-Minggu ( 24-25 September 2022). PBAK bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang status mereka yang sudah beralih menjadi mahasiswa serta menggambarkan mengenai STIT Ahlussunnah Bukittinggi beserta seluruh kegiatan yang berada dalam lingkaran Tridarma Perguruan Tinggi. 

Pada hari pertama, Sabtu 24 September, acara dibuka oleh Dr. Yosi Aryanti, MA, Ketua STIT Ahlussunnah Bukittinggi dan berpesan kepada Mahasiswa Baru untuk berani berinovasi dalam banyak hal, tidak hanya sekedar menerima informasi dari kelas saja selama menjadi mahasiswa . Beliau juga menyampaikan bahwa menjadi seorang mahasiswa di STIT Ahlussunnah Bukittinggi merupakan tahap awal dalam Pendidikan tinggi dalam masa empat tahun. Sebagai seorang mahasiswa kegiatan yang akan dilakukan harus punya keseimbangan antara belajar, melakukan penelitian dan pengabdian. 

Kegiatan PBAK dihari pertama ini dimulai dengan menjelaskan berbagai hal di bidang akademik oleh Wakil Ketua I, Dr. Anita Indria, MA. Bidang Administrasi dan Keuangan oleh Wakil Ketua II Dr. Elvi Rahmi, MA dan Staf bagian Administrasi dan Keuangan Roza Rosita, SE. Kemudian Bidang Kemahasiswaan disampaikan oleh Muhammad Hafizh, M.Pd.I. Penjelasan terakhir mengenai teknis perkuliahan disampaikan oleh Hendrisab, MA selaku Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan dihari pertama ini di tutup dengan memperkenalkan Aplikasi SIADAK, Aplikasi yang dipergunakan dalam bagian akademik, administrasi dan keuangan. Pengenalan Aplikasi SIADAK ini di tuntun langsung oleh Operator Kampus Ade Edria, S.Pd.

Kegiatan yang berlangsung di Aula STIT Ahlussunnah ini di persiapkan oleh Tim Panitia Pelaksana yang diketuai oleh Jeri Saputra Mahasiswa Semester 3  Prodi PAI, dan dihadiri oleh para dosen. Selama kegiatan PBAK Berlangsung, panitia menerapkan berbagai peraturan agar kegiatan dapat berjalan tertib dan sesuai waktu yang telah ditetapkan. 

Pada hari kedua, Minggu 25 September 2022 kegiatan PBAK dilanjutkan dengan melakukan Hiking ke Ngarai Sianok, salah satu lokasi yang dipilih oleh Panitia untuk menjalin keakraban antara mahasiswa baru dengan para seniornya. Di Ngarai Sianok panitia telah mempersiapkan berbagai game menarik yang bukan hanya sekedar permainan fisik tapi juga permainan yang mengasah nilai-nilai akademik, akhlak dan kejujuran. Kegiatan di hari kedua juga di hadiri oleh Ketua dan para dosen untuk melihat langsuang keakraban yang terbangun dalam kegiatan PBAK ini. 

Selamat bergabung dengan keluarga besar STIT Ahlussunnah Bukittinggi untuk seluruh mahasiswa baru, semoga pertemuan ini akan berbuah manis dalam masa empat tahun kedepan.